Kedudukan Syam Dalam Islam

Tatsqif #1

Pemateri : Syaikh Ahmad Khatib As-Sury (dari Suriah, dosen LIPIA)

Amma ba’d

Setelah salam dan tahmid, kembali kita memanjatkan puji syukur kepada Allah yang telah mempertemukan kita di markaz ini dalam keadaan baik, dan senantiasa diatas kebaikan Insya Allah, yang semoga kebaikan ini terus, sampai Allah mempertemukan kita dan mengkabungkan kita pada surga firdausil a’la Insya Allah. Aamiin ya rabbal alamin

Selanjutnya, kata beliau terima kasih saya kepada Ust. Bachtiar Nasir sebagai pemimpin dan penasehat Ar-Rahman Qur’anic Lerning Islamic Center ini. Dan seluruh teman-temannya, dan seluruh panitia yang mengadakan acara ini, syukur saya juga kepada seluruh kaum muslimin di Indonesia yang punya kepedulian besar khususnya terhadap Syam.

Mereka yang punya perhatian tentang apa yang terjadi di Palestina. Perhatian pertama kita, yang kedua terhadap Suriah. Ini yang kita akan bahas kali ini Insya Allah tentang “Kedudukan Syam dalam Islam”.

Kembali saya ucapkan terima kasih banyak, kepada para hadirin, setelah terima kasih kepada Allah . Yang telah mempertemukan kita, dan mudah-mudahan pertemuan, majelis yang didalamya kita gunakan untuk menyampaikan kebaikan dan taqwa. Mudah-mudahan apa yang kita lakukan, apa yang dilakukan bapak, nenek moyang kita dalam rangka pembebasan Syam. Dan semoga menjadikan majelis kita, majelis yang diberkati Insya Allah, Allahumma aamiin.

Syam, memiliki sejarah yang panjang dan sejarah yang lama. Sebelum Islam, sudah banyak peradaban-peradaban yang eksis dan muncul di Syam. diantaranya kita sebut, kata beliau. Ada sejarah Finokiyah, ada sejarah Asyuriyah, dan ada sejarah Roma yang sudah mendahului Islam. Ini yang akan kita bahas selanjutnya bagaimana Syam dibawah naungan Islam.

Selanjutnya saya tidak lupa berdo’a pada kesempatan kali ini. Insya Allah, mudah-mudahan pada kesempatan ini Allah tidak lupa menyertakan Malaikat-Malaikatnya, yang senantiasa mendo’akan kita ditempat ini. Sekaligus para mujahidin yang berjuang pada hari ini di bumi Syam, semoga Allah menurungkan kemenangan kepada mereka semuanya.

Negara Syam, yang masyhur pada masa Rasulullah r sekarang ini terbagi 4 negara. Mulai dari yang paling luas, kita tidak berbicara dari yang paling berkah ya, karena yang paling berkah dari Palestine. Mulai dari yang paling luas adalah Suriah, kemudian yang kedua adalah Palestina, yang ketiga adalah Jordan, dan yang kelima adalah Libanon.

Adapun Palestina, sebagaimana yang sudah kita dengar dari tahun yang lalu, atau sudah lama kita dengar. Negara Palestina yang terzalimi. Oleh kaum Zionis (Syuhyuni), atau organisasi Yahudi dunia. Yang datang dari Perancis, dari Ingrris, dari Amerika, yang kemudian menjajah Negara Palestina. Merebut hak-hak saudara kita disana. Menzolimi, membantai saudara-saudara kita disana. Yang faktanya bisa kita lihat didepan mata kita.

Pada kesempatan kali ini saya akan berbicara tentang Syam, kedudukannya. Kedudukan Syam dalam Islam dari masa Rasulullah sampai sekarang, dan ayat serta hadits apa saja, yang pernah turun di Syam.

Rasulullah menunjukkan Syam memiliki kedudukan. Rasulullah berulang kali mendatangi Syam. Yang pertama, ketika Beliau masih kecil, dimana beliau menemani pamannya, Abi Thalib. Untuk melakukan perdagangan, yang beliau mulai perjalanannya dari Makka ke Damaskus.

Yang kedua, ketika beliau telah dewasa, tapi sebelum beliau diutus menjadi nabi. Jadi ketika beliau sudah dewasa, tapi sebelum diutus menjadi Nabi dan Rasul. Jadi, Dimana beliau membawa harta dan perdagangan Khadijah, ke Syam. Disana beliau menjual dagangan yang dibawa dari Makka. Dalam perjalanan yang kedua ini, Rasulullah ditemani seorang pembantu yang bernama Maisarah. Maisarah, banyak melihat keajaiban dan tanda-tanda kebesaran nabi, kemudian menceritakan kepada Khadijah bahwa dalam perjalanan, senantiasa dinaungi dengan awan. Inilah yang membuat Khadijah, punya keinginan untuk menikah dengan Rasulullah.

Yang ketiga, perjalanan Beliau ke bumi Syam adalah ketika ujian bertubi-tubi datang, penderiataan, cobaan dari kaum musyrik, meninggalnya dua orang yang sangat mencintai Rasulullah. Dimana ketika semua orang mencaci, ada dua orang ini yang memberi semangat Rasulullah, ketika semua orang mengatakan Rasulullah  pembohong, ada dua orang ini yang senantiasa melindungi Rasulullah, ketika semua orang mencaci Rasulullah, ada dua orang yang senantiasa memuji Rasulullah. Dua orang ini, Abu Thalib, dan istrinya, Khadijah Al-Qubra. Bagaimana mungkin Rasulullah tidak sedih, sementara semenjak meninggalnya kedua orang ini. Abu Thalib, orang yang senantiasa melindungi Rasulullah dari penghinaan kaum kafir Quraisy, namun setelah meninggalnya Abu Thalib, pamannya. Orang yang tadinya tidak berani memukul Rasulullah, tidak berani mencaci Rasulullah, kemudian ramai-ramai mencaci Rasulullah, bahkan berani ramai-ramai menaruh duri didepan rumah Rasulullah. Mereka sudah berani melempari Rasulullah dengan kotoran binatang. Bagaimana beliau tidak sedih, sementara sebelum pamannya belum meninggal, Rasulullah ketika ada orang arab, baru saja beliau keluar dari rumahnya, orang arab, orang quraisy yang melihatnya mengatakan “marhaban bikum ayyuhas shadiqul amiin”. Jadi sebelum Rasulullah diutus menjadi Rasul menyampaikan risalahnya, setiap orang yang bertemu dengannya, setiap orang yang melihatnya mengatakan “marhaban ayyuhal aminn, marhaban ayyuhas shaadiq”. Selamat datang wahai orang yang penjaga amanah, selamat datang wahai orang yangsenantiasa berkata  jujur. Namun lihat, ketika kedua orang ini meninggal, orang-orang beramai-ramai mencaci Rasulullah. Orang-orang sudah berani memukuli Rasulullah bahkan berani melempari rasulullah dengan kotoran. Ini yang membuat Rasulullah menjadi sedih. Tapi ingat janji Allah tidak ada setelah kesedihan kecuali ada jalan keluar dari Allah.

Setelah kesedihan, Allah janjikan jalan keluar. Dan Allah  menegaskan dalam al-qur’an, bahkan dua kali Allah tegaskan dalam satu surah. فإن مع العسري يسرى  , إن مع العسري يسرى dari ayat ini kita sudah yakin, bahwa apa yang menimpa saudara kita di Palestina. Kesedihan, kepedihan yang menimpa saudara kita di suriah, secepatnya Allah akan berikan kharaj (jalan keluar, red). Sesuai dengan janji Allah فإن مع العسري يسرى. Kita yakin bahwa pertolongan itu akan segera keluar di Syam. pertolongan pada saudara kita di palestina dan suriah akan di turunkan Allah. Karena saudara kita, orang-orang yang terzhalimi, sementara doa orang-orang terzhalimi itu mustajab. Dari Mu’adz bin Jabal meriwayatkan ketika Rasulullah mengutus Mu’adz ke Yaman. Dimana Rasulullah  menasehati Mu’adz dengan beberapa nasehat. Setelah nasehat pertama, kedua, ketiga, keempat Rasulullah  bersabda :

إياك و كراغم أموالهم

Hati- hati wahai Mu’adz, jangan sampai kamu mengambil harta orang Yaman yang bukan hakmu.

Nasehat yang kelima buat Mu’adz :

إياك ودعوة المظلوم ، فإنه ليس بينه وبين الله حجاب.

Hati-hati terhadab doa orang yang terzhalimi. Karena antara orang yang terzhalimi dengan Allah tidak ada hijab (penutup, penj). Dalam riwayat lain disebutkan, orang-orang yang terzhalimi karena doa orang-orang terzhalimi akan naik kelangit pertama, kemudian membuka langit kedua, membuka  langit ke tiga, sampai ke ‘arsy Allah. Kemudian Allah berfirman : معزتي وجلالي demi kemuliaanku dan keagunganku. Aku akan menolongmu wahai orang yang terzhalimi, secepatnya. Allahu Akbar, dan mudah-mudahan saudara kita yang terzhalimi di Palestina, di Suriah secepatnya Allah kabulkan doa mereka. Allahu Akbar

Perjalanan ketiga (jadi perjalanan ketiga inilah Isra’ itu, penj). Setelah Rasulullah mendapat penderitaan, kesedihan yang sangat berat. Suatu malam ketika rasulullah hendak tidur, mulai ingin tidur dan sudah mulai di tempat tidurnya. Tiba-tiba ada orang yang mengetuk pintu rumah Rasulullah. Kemudian ketika dibuka siapa yang datang, Jibril u berkata hai Muhammad, naiklah bersama saya. Rasulullah berkata kemana kita akan pergi.? “Muhammad, naiklah bersama saya” kemudian Rasulullah dimuliakan untuk naik buroq, dimana langkah hewan ini akhir dari pandangan mata buraq ini. Kemudian, dari masjidil aqsa Rasulullah di bawa oleh buraq ke masjidil aqsa yang dalam al-qur’an dijelaskan :

  1. Maha suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya[1]. Ini menunjukkan bahwa Syam adalah Negara yang diberkahi.

Dari masjidil Aqsa, Allah memperlihatkan kepada Rasulullah. Kemudian naik ke mi’raj, ke langit pertama, langit kedua, langit ke tiga, sampai ke ‘arsy Allah. Kemudian disana Rasulullah , diwajibkan shalat lima waktu. Inilah yang menjadi al-farkh[2] bagi rasulullah. lemparan kotoran kepada Rasulullah dari orang-orang kafir quraisy. Ternyata sesudahnya Allah memberikan berita gembira yaitu diberikannya kewajiban shalat lima waktu. Seakan-akan Allah mengatakan kepada Rasulullah bahwa “ya Muhammad, walaupun seisi dunia ini mencaci engkau, walaupun seisi dunia ini memusuhimu wahai Muhammad, tetapi penghuni langit menerimamu wahai Muhammad”. Penghuni langit pertama dari para nabi, menerimahmu wahai Muhammad. Ini seperti memberi berita gembira, dan ini janji Allah, setelah kesedihan ada jalan keluar serta berita gembira. Kemudian Rasulullah, dari masjidil aqsa kembali ke masjidil haram. Kemudian ternyata tempat yang beliau  tinggalkan itu, sebelum diperjalankan dari masjidil haram ke sidratul muntaha, masih ada bekas duduknya Rasulullah.

Menurut para ulama’ seakan perjalanan Rasulullah dari masjidil haram kemasjidil aqsa kemudian naik ke sidratul muntaha, hanya tiga menit. Bagaimana Allah, ruang waktu untuk nabi Muhammad untuk memberikan berita gembira, bahwa seandainya seisi bumi ini mencaci engkau wahai Muhammad, seluruh penghuni langit menyambutmu wahai Muhammad. Dimana kita tau, dalam riwayat disebutkan bahwa langit pertama saja, itu ratusan milyar dari luasnya bumi kita ini, apalagi langit kedua, apalagi langit ketiga. Dan semuanya menyambut nabi Muhammad , ada nabi Ibrahim, ada Isma’il, ada  Yusuf, yang menyambut kedatangan Rasulullah. فإن مع العسري يسرى. Perjalanan rasulullah dari masjidil haram ke masjidil aqsa, dari makka dan aqsa, ini seperti ada isyarat dari Allah bahwa ada hubungan dan hubungan yang tidak akan pernah dipisahkan. Dan masid al-aqsa adalah masjid pertama umat Islam, yang merupakan amanah orang Palestina. Amanah orang makka, amanah orang Tunisia, amanah orang mesir, amanah orang al-jaza’ir, dan masjid al-aqsa yang sekarang di tangan zionis, amanah kita di Jakarta termasuk pembaca sekalian Insya Allah.

Setelah kita jelaskan perjalanan Rasulullah ke bumi Syam, inilah isyarat-isyarat pembebasan kota Syam itu. Yang kemudian dilanjutkan oleh Abu Bakar As-Shiddiq, ketika beliau diangkat menjadi khalifah, pengganti Rasulullah saw.  kemudian beliau mengarahkan pasukannya menuju Negara Syam, selanjutnya di lanjutkan Umar ibn Khathab, Utsman ibn Affan, sampai kemudian Syam, menjadi Negara Islam. Yang terdapat banyak majelis ilmu. Kemudian Syam menjadi sumber ilmu. Dimana Syam banyak melahirkan Ulama’ besar. Yang telah banyak berbuat untuk Islam. Cukup kita memberi contoh, Imam Syafi’I; Muhammad ibnu Idris, yang lahir di bumi Gaza, biladul Izzah, Negara kemuliaan. Negara jihad Insya Allah. kemudian yang kedua Imam An-Nawawi; dari Syam, dan Syaikhul Islam ibnu Taimiyyah lahir di Harran, dekat kota Dimasyq, ini Ulama’-ulama’ besar yang lahir dari Negara Syam.

Syam adalah mata air keilmuan. Yang menjadi qiblat pertama umat Islam, dan akan terus menjadi bumi jihad Insya Allah. dan sepeti yang saya katakana sebelumnya, rayatul Islam (Bendera Islam) akan senantiasa berkibar, di Negara Syam. dan janji Allah bahwa khilafah ar-Rasyidah, munjul di akhir zaman. Seperti yang kita ketahui bahwa umat Islam ini akan melewati lima fase. Fase pertama, fase kenabian, yang kedua, fase khulafa’ur-rasyidin, yang ketiga raja-raja yang menggigit, yang keempat, kerajaan kecil yang otoriter, yang kelima akan kembali ke khulafa’ur-asyidin. Fase ke lima yang di janjikan Allah kepada umat Islam adalah, fase dimana akan muncul khilafah rasyidah dan itu terjadinya di Syam. dan semoga Allah mempercepat datangnya khilafah rasyidah itu.

Selanjutnya setelah kita jelaskan kedudukan Syam, bagaimana Imam al-albany, telah mentahqiq puluhan hadits tentang keutamaan Syam. setelah kita membahas itu, kita akan mmbahas tentang Syam, dan apa yang terjadi di Syam hari ini. Berapa bulan lagi, tepat tiga tahun kezaliman, penderitaan saudara kita di Suriah. Tapi ada yang perlu kita cermati disini. Supaya kita tidak terfitnah, dari Amerika, Prancis, Inggris, dan seluruh Negara Eropa, Bahkan Rusia dan Cina. Negara-negara ini, semenjak puluhan tahun yang lalu, telah membantu Yahudi, untuk membantai saudara kita di Palestina. Dan semua Negara Eropa ini, tidak ada yang membela saudara kita di Palestina. Tapi lihat di Suriah, apa yang terjadi disana. Kezaliman Zionis, diPalestina lebih dari 50 tahun, semua Negara-negara kafir (yang telah di sebutkan tadi, red) tidak pernah mengangkat suara. Tapi kenapa kemudian Suriah, yang sebentar lagi genap tiga tahun, ini yang akan kita bahas selanjutnya Insya Allah.

Sejarah Syam khususnya Suriah sekarang, telah dipimpin oleh pemimpin-pemimpin dzalim selama 40 tahun, dari sebuah partai yang disebut bi’tsa. Dionologi, Partai bi’tsa adalah, Isytiraqiyyah (Komunis, penj), ideology mereka adalah komunisme liberal. Yang menuhankan partai mereka, bahkan kata beliau, “ketika saya masih kecil, saya masih membaca sya’ir-sya’ir mereka yang ditulis di tembok. Kami beriman kepada partai bi’tsa, cukuplah bagi kami agama sebagai al-‘uruubah (Arab, penj) dan tidak ada Negara yang kedua selain arab”. Jadi yang mereka angkat, ‘asobiyah arab, sejarah arab jauh lebih baik dimata mereka. Bahkan Abu Jahal,memiliki sejarah, dan bisa jadi lebih mulia daripada Abu Bakar as-Shiddiq. Tiga puluh tahun Suriah dipimpin oleh Hafidz Basyar, bapaknya Assad Basyar. Sebelumnya partai Bi’tsa ini didirikan oleh, Misyel Aflaq, orang ini adalah Kristen, jadi memang Ideologinya dibuat oleh orang-orang kafir. 30 tahun Suriah dibawah kekuasaan Hafidz Basyar. Pada tahun 1982, Hafidz Basyar menyerang kota Hama, dan taukah kalian tiga puluh ribu lebih disana tewas, namun dizaman Hafidz Basyar, yang dibunuh itu cepat-cepat dicuci darahnya dan jejaknya dihilangkan. 40 tahun, kalau ada orang alim, kalau ada Ulama’ yang tegas berbicara diatas mimbar, maka akan dimasukkan kedalam penjara. makanya seorang Ulama’ yang kita kenal Syaikh Ali As-Shobuny, sekarang ada di Jeddah, karena menghindari kedzaliman Hafidz Basyar. Bahkan kata beliau “wanita-wanita yang mutanaqqibah (bercadar, penj), itu pun akan diambil dan dimasukkan dalam penjara. dan banyak wanita-wanita muslimah yang melahirkan anaknya dalam penjara.

Kemudian setelah Hafidz Basyar, pemerintahan Suriah dipimpin oleh pemerintah yang jauh lebih dzalim. Yaitu anaknya sendiri, Assad Basyar. Dimana mereka membantai umat muslim, dan yang paling banyak dibantai adalah anak-anak kecil. Hampair tiga tahun, kedzaliman Assad Basyar di Suriah, dan sudah hampir 150,000 jiwa telah gugur di Suriah dan saudara kita kaum muslimin. Seluruh dunia melihat kejadian ini. Tapi seakan-akan  mereka tidak melihat semua orang mendengar berita tentang suriah tentang saudaranya disana, tapi seakan-akan meraka tidak mendengar, seperti kata Allah dalam Al-Qur’an (dalil Al-Qur’an summum bukmun ummun fahum yafqohun). Meraka itu punya mata, punya telinga, punya mulut tapi dimata Allah mereka itu buta, mereka itu tuli, mreka itu tidak bisa berbicara, dan inilah kondisi umat terhadap apa yang terjadi di bumi Syam.

Penderitaan saudara kita di Suriah, kalau kita sampaikan kepada PBB (Persatuan Bangsa-Bangsa). Tapi taukah kalian apa makna dari persatuan bangsa-bangsa. Jadi PBB artinya persatuan bangsa-bangsa memusuhi Islam. Ketika terjadi tsaurah, masyarakat Libya ingin menjatuhkan Muammar Kaddafi, lihat apa yang terjadi. Semua Negara barat, Amerika, Inggris, Prancis, tiba-tiba turun membantu Libya untuk menjatuhkan Muammar Kaddafi. Bahkan pesawat aos, dimana ini pesawat baru. Ini pesawat baru yang dimiliki PBB dan Amerika, ini juga diterbangkan ke Libya. Bahkan tentara mereka dari Amerika, turut membantu masyarakat Libya untuk menjatuhkan Mu’ammar Kaddafi. Kita katakan saudara kita di Libya, dan di Libya akan berdiri Negara Islam, insya Allah. Tetapi yang menjadi pertanyaan selanjutnya, kenapa ketka masyarakat Libya ingin menghancurkan, menurunkan Mu’ammar Kaddafi. Kalian bersama-sama membantu masyarakat Libya. Tapi kenapa Suriah, yang tiga tahun di dzalimi yang jangankan manusia kalau jumlah hewan pun, kalau jumlah yang meninggal itu 150.000 jiwa maka, seluruh ala mini akan berbicara dan tidak ada yang diam, tapi kenapa Suriah, yang sudah hampir tiga tahun yang 150.000 lebih yang anak kecil, wanita, orang tua, meninggal kenapa kalian biarkan mereka. Kenapa kalian tidak menolong mereka seperti kalian menolong Libya. Apakah orang Suriah bukan dari planet ini?. Apa orang Suriah bukan dari bumi ini?. Kalau jawaban kalian, “iya”. Kenapa kalian tidak membantu Suriah?

Ada tiga alasan kenapa kalian tidak membantu Suriah?.

Yang pertama, kalian tidak ikhlas membantu masyarakat Libya menurunkan Mu’ammar Kaddafi, tidak. Karena kalian tau, dibawah Libya, ada sungai-sungai minyak yang dan inginkan minyak itu.

Yang kedua, kenapa kalian tidak membantu Suriah?. Karena kalian tau bahwa Negara Suriah itu Negara miskin tidak sekaya Libya. Tapi kalian juga tau walau Negara Suriah itu miskin secara dunia, tapi Negara Suriah itu kaya iman masyarakatnya.

Yang ketiga, kenapa kalian takut tidak mau membantu Suriah? Karena kalian tau bahwa perbatasan Israel adalah Suriah. Dan yang paling kalian takutkan adalah kalau Suriah dikuasai umat Islam, dikuasai mujahid maka kemudian membahayakan Israel. Kalau sampai berdiri Negara Islam, khilafah Islamiyah di Suriah, maka yang kalian takutkan adalah jangan sampai ada laki-laki Israel, yang kelingkingnya itu berdarah. Itu alas an kenapa kalian tidak membantu Suriah.

Tapi jangan bersedih, kita tidak mengharap kepada PBB. Kita tidak mengharap pada Amerika, kepada Prancis,hasbunallahuwani’malwakil cukuplah bagi kita, Allah. dan cukuplah Allah menjadi wakil, menjadi wali-wali kita semua. Sekali lagi saya ingatkan bahwa do’a ini pernah di ucapkan oleh nabi Ibrahim. Ketika nabi Ibrahim u diikat dalam ketapel besar, kemudian dilemparkan kedalam api, kemudian saat itu nabi Ibrahim berkata, “hasbunallahuwani’malwakil”. Maka dari do’a itu, Allah berfirman pada api, “yaa naaru kuuni bardan wasalaaman ala ibrahiim” do’a ini juga pernah dibaca nabi Muhammad. Ketika sebelum terjadi perang uhud, dimana orang berkata kepada nabi Muhammad, berkata “ya Muhammad, orang-orang kafir di Makkah sudah menyiapkan pasukan yang sangat banyak, bagaimana keadaan kita ini.? Saat itu Rasulullah membaca “hasbunallahu wani’mal wakil”. Dan ternyata apa yang terjadi adalah apa yang dikehendaki Allah. Pada akhirnya Allah memenagkan nabi Muhammad, dengan doa ini.

Masyarakat Suriah sekarang, mereka tidak punya senjata kecuali doa nabi Ibrahim. Doa nabi Muhammad ini. Yang dibaca dengan lahja mereka, “malnaa ghairuk yaa Allah”. dalam lahja Suriah mereka sering berkata “yallah malnaa ghairuk yallah”. Ini lahja sebenarnya, karena ada beberapa kata yang disingkat, “ya Allah maa lana ghairuka ya Allah”. Cuma disingkat “yallah malna ghairuk yallah”.

Hasbunallahu wani’mal wakil, Insya Allah kemenangan itu akan diberikan oleh Allah. dan berita gembira itu akan diberikan kepada saudara kita di Suriah.

Point terakhir, pada malam hari ini. Apa selanjutnya yang bisa kita lakukan untuk saudara kita di Suriah?. Ada suatu hal yang bisa kita lakukan untuk saudara di Suriah, dan mudah-mudahan Allah mencatat kita diantara orang-orang yang syahid, Insya Allah.“aamiin ya rabbal ‘alamin”.

Jangan pernah melupakan saudara kita di Syam, di Palestina, dan Suriah dari do’a-do’a terbaik kita. Bukankah ketika kita sholat, ketika kita bangkit dari rukuk kita, kita membaca “sami’allahuliman hamidah” yang asal katanya, liman hamidahu yang “Hu”nya ini kembali kepada Allah. “sami’a” sungguh Allah maha mendengar, “liman hamidah” kepada siapa-siapa saja yang memuji Allah. ini berarti Allah juga mendengar, doa kita, Allah juga mendengar permohonan kita, saudara-saudara kita di Suriah. Jangan pernah lupa doakan saudara kita di Syam, dengan doa-doa kita, khususnya di waktu-waktu sahur. Dua rakaat sebelum shalat subuh, yang kata rasulullah “khairum minaddunya wamaa fiiha”. Dan sebelumnya waktu sahur, adalah waktu yang berkah. Dimana dalam hadits disebutkan Allah turun dilangit dunia dengan cara yang mulia dengan sesuai kemuliaan Allah. Kemudian Allah berkata,

هل من تاءب فأغفرله ، هل من مستغفر أستغفرله

“Adakah orang-orang yang beristighfar maka saya akan mengampuninya, adakah orang diwaktu sahur yang mendoakan saudara-saudaranya, maka aku akan dengarkan doa-doa mereka”.

Jangan lupakan waktu sahur, waktu yang berkah ini untuk memberikan doa pada saudara kita Suriah. Saudara kita di Suriah walau menghadapi penderitaan, karena kata beliau, beliau sendiri setahun yang lalu setelah tiga puluh dua tahun menghilang dari Negaranya, semasa Hafidz Basyar ini tidak boleh masuk ke negaranya. Tiga puluh dua tahun lebih, kata beliau saya banyak menghabiskan waktu saya malah diluar Negara saya, tapi Allah takdirkan setahun yang lalu saya pulang ke Negara saya. “Negara saya”. Kata beliau memiliki empat musim dan ketika saya datang kesana, kaum muslimin disana mendapati musim dingin. Dimana ini ujiannya sangat berat lampu sudah tidak menyala selama enam bulan, tapi saya menemukan kemuliaan.

Di penutup ini, beliau ingin menekanankan juga, dan ini penting juga. Bahwa, senjata yang dipake Assad Basyar, untuk membunuh masyarakatnya. Itu ternyata, harta yang diambil dari masyarakat, hasil keringat mereka. Hasil kerja mereka, yang diminta oleh Assad Basyar, dan orang tuanya Hafidz Basyar yang kata mereka mari harta kalian supaya kita membeli senjata untuk memerangi Israel. Dan ternyata, ikhwatal iman selama 40 tahun. Mereka tidak pernah menyerang Israel. Ini penting untuk kita fahami, bahwa harta yang dipakai beli senjata itu harta dari masyarakat. Yang telah melakukan kebohongan besar terhadap masyarakat Suriah. Bahwa senjata itu akan dipakai untuk menyerang Israel. Ternyata dipakai membunuh saudara-saudara kaum muslimin.

Walau kondisi saudara kita di Suriah, ketika saya datang kesana sangat menyedihkan. Tapi sungguh saya datang dengan penuh kemuliaan, karena saya melihat orang-orang kembali pada Islam. Saya tutup pertemuan ini dengan perkataan Imam Ghazali kata beliau :

قال شيخ الغزالي المصري :

نِعْمَةِ الحَيَاة النَمُوتَ كلنا شهداء  ويقى الإسلام

وبئسة الحياة النبقى نحن ويموت الإسلام

“Nikmat hidup adalah kita mati semua, sementara Islam tetap kokoh sepeninggal kita (inilah hidup yang paling nikmat).

Seburuk-buruk hidup adalah kita hidup semua, seperti hewan sementara Islam, al-Qur’an itu mati.

Mudah-mudahan kita mati, sementara Islam kita termasuk yang dicatat oleh Allah. diantara batu bata munculnya kedatangan. Mungkin kita semua akan mati, sebelum Allah jayakan Islam tapi mudah-mudahan Malaikat-malaikat sudah mencatat bahwa kita termasuk orang-orang yang punya perhatian terhadap batu-bata terbangunnya kejayaan Islam.

 

[1] Maksudnya: Al Masjidil Aqsha dan daerah-daerah sekitarnya dapat berkat dari Allah dengan diturunkan nabi-nabi di negeri itu dan kesuburan tanahnya.

[2] Berita gembira

Comments

comments