Warga Palestina Ramaikan Aksi Damai di Jalur Gaza

Spirit of Aqsa, Gaza – Jumat (31/5) waktu setempat, massa Palestina meramaikan kamp-kamp Aksi Damai ‘Great Return March’di jalur Gaza Timur. Kedatangan mereka untuk memperingati 60 tahun Aksi Damai Kepulangan Akbar.

Berdasarkan informasi dari lapangan, meski panas yang menyengat, massa aksi tidak surut semangat. Mereka mengobarkan semangat untuk melanjutkan aksi damai kepulangan akbar.

Panitia pelaksana, gerakan ini bertujuan untuk memperjuangkan hak-hak asasi rakyat Palestina, serta mengembalikan para pengungsi ke tanah airnya.

“Tidak ada yang bisa mendikte solusi rakyat kami. “Satu-satunya solusi untuk masalah Palestina adalah dengan mengevakuasi pendudukan,” kata panitia, dikutip hari ini (31/5).

Organisasi itu menyerukan kepada massa rakyat Palestina untuk memobilisasi masyarakat dan berbaris untuk partisipasi aktif dan tegas dalam kegiatan hari itu, yang akan berlangsung di kamp-kamp kembali di dekat pagar keamanan.

Kepala gerakan Hamas di Jalur Gaza, Yahya Al-Senwar, menyerukan partisipasi terluas Jumat di Hari Internasional Yerusalem.

Dia mengatakan dalam pidatonya di Konferensi Internasional untuk mendukung perlawanan Palestina untuk memperingati Hari Internasional Yerusalem, kemarin: Kesadaran massa bangsa tidak akan palsu, dan tidak ada yang akan bisa merumuskannya kembali.

Sejak 30 Maret 2018, Palestina telah berpartisipasi dalam pawai damai di perbatasan timur Jalur Gaza untuk menuntut kembalinya para pengungsi ke kota-kota dan desa-desa mereka yang ditinggalkan pada tahun 1948 dan untuk mengakhiri blokade di Gaza.

Tentara penjajah Israel menekan pawai yang damai ini dengan keji. Sebanyak 317 warga Palestina gugur syahid dan 12 lainnya tidak tercatat di Kementerian Kesehatan Palestina. 31.000 lainnya terluka.

Share:

Comments

comments