TEBAK BERAPA JUMLAH PENGUNGSI PALESTINA DI SELURUH DUNIA HARI INI?

Spirit of Aqsa | Gaza (30/5) – Badan Urusan Pengungsi Palestina milik Hamas selasa kemarin (28/5), bahwa jumlah orang Palestina yang berada di banyak tempat dan negara yang berbeda-beda mencapai 13 juta sampai 15 juta. Sumber ini mengatakan bahwa jumlah ini sesuai dengan yang tercatat baik di UNRWA milik PBB maupun catatan berbagai negara terkait orang atau pengungsi Palestina yang berada di negara mereka.

Isham Udwan, kepala Badan Urusan Pengungsi ini mengatakan bahwa ada sekitar 6 juta pengungsi Palestina yang terdaftar di UNRWA. Namun catatan UNRWA tersebut belum mencakup banyak pengungsi Palestina yang lain.

Diantaranya adalah rakyat Palestina yang terusir di tahun-tahun antara kejadian 1948 – 1967, ada pula keluarga yang kehilangan dokumen-dokumen mereka, ada pula rakyat Palestina yang merantau sebelum 1948 namun tidak bisa kembali karena terjadinya peristiwa Nakbah 1948. Maka normalnya pengungsi Palestina mencapai jumlah 10,5 juta jiwa yang berada di berbagai negara dan wilayah yang berbeda-beda.

Dari sini maka dapat disimpulkan bahwa jumlah pengungsi Palestina yang memiliki hak untuk kembali ke tanah air mereka yang saat ini dijajah dan direbut Israel adalah 70% dari jumlah seluruh orang Palestina di dunia.

Pembahasan ini terkait dengan usaha Deal of Century yang ingin menghentikan perjuangan Palestina merebut kembali tanah mereka yang dijajah oleh Zionis Israel. Karena lebih dari 6 juta Yahudi yang hari ini ada di atas tanah yang mereka sebut Israel, tidak lain hanya menempati tanah yang direbut dari orang-orang Palestina yang terusir dan hari ini masih berstatus pengungsi.

Deal Of Century ingin menawarkan perdamaian yang Zalim dengan memberi tanah kepada orang-orang Yahudi ini secara permanen dan sekaligus menawarkan solusi ekonomi untuk rakyat Palestina yang tersisa di dalam Palestina.

Share:

Comments

comments