Mengisi Kemerdekaan RI ke 71, Berjuang Bagi Kemerdekaan Palestina

Jakarta – Tahun 1944 dimana terjadi kekosongan pemerintahan setelah Jepang menyerah kepada sekutu dan sekutu akan mendarat bersama pasukan Belanda. Palestina adalah yang pertama kali mengakui kedaulatan Indonesia. Muhammad Ali Taher, saudagar kaya Palestina saat itu menyerahkan seluruh uangnya di bank Arabia dan berkata : “terimalah seluruh kekayaan saya ini untuk perjuangan Indonesia”.

Dukungan Palestina ini juga diwakili oleh mufti besar Palestina, Syaikh Muhammad Amin Al-Husaini yang secara terbuka mengenai kemerdekaan Indonesia pada 6 September 1944. Radio Berlin berbahasa Arab menyiarkan ‘ucapan selamat’ mufti Besar Palestina Amin Al-Husaini (beliau melarikan diri ke Jerman pada permulaan perang dunia ke dua) kepada Alam al-Islami, bertepatan ‘pengakuan Jepang’ atas kemerdekaan Indonesia.

Berita tersebut disiarkan melalui radio dua hari berturut-turut, disebar-luaskan, bahkan harian Al-Ahram yang terkenal telitinya juga menyiarkan. Syekh Muhammad Amin Al-Husaini dalam kapasitasnya sebagai mufti Palestina juga berkenan menyambut kedatangan delegasi “Panitia Pusat Kemerdekaan Indonesia” dan memberi dukungan penuh. Sayang, peristiwa bersejarah tersebut tidak banyak diketahui generasi sekarang, mungkin juga para pejabat di negeri ini.
Bahkan dukungan ini telah dimulai setahun sebelum Sukarno-Hatta benar-benar memproklamirkan kemerdekaan RI.

Setelah itu dukungan mengalir, di jalanan Palestina terjadi gelombang demonstrasi untuk solidaritas dan dukungan kepada Indonesia oleh masyarakat Timur Tengah. Mengapa kita enggam melakukan hal yang sama untuk perjuangan kemerdekaan Palestina ?

Spirit of Aqsa dalam rangka menyambut kemerdekaan Indonesia yang ke 71, mengadakan Tatsqif dengan tema :

“MENGISI KEMERDEKAAN RI,
BERJUANG BAGI KEMERDEKAAN PALESTINA”

Kami mengundang Bapak, Ibu dan Ikhwahfillah untuk hadir pada TATSQIF SAMBUT KEMERDEKAAN
Bersama narasumber kita :
👤 Ust. M. Pizzaro Novelan Tauhidi
(Sekjen JITU, Kadiv Kajian Global Center for Islamic and Global Studies)
Moderator :
👳🏻 Ust. Umar Makka Lc. MPdI (Sekjen SoA)
🗓 Rabu, 17 Agustaus 2016
⏰ 09.00 – 12.00
🏠 AQL Islamic Center
Jl. Tebet Utara 1 No. 40, Jakarta Selatan
✔ FREE!!! Terbuka untuk Umum.
Konfirmasi kehadiran :
TQ#Nama Lengkap#no HP
Kirim sms/WA ke :
📱 08159286168
📱 081320907000
‪#‎Disertai‬ kajian Pasca Kudeta Turki

Share:

Comments

comments