Pertama kali Sejak 2003, Muslimin Melaksanakan Shalat Jum’at di Area Ar-Rahmah Masjid Al-Aqsa

Spirit of Aqsa – Yerussalem | Ribuan jamaah Muslim Palestina memasuki gerbang  al-Rahma di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem pada hari Jumat untuk pertama kalinya sejak ditutup oleh penjajah Israel pada tahun 2003.

Sheikh Mohammad Hussein, Mufti Besar Yerusalem, serta para pemimpin agama lainnya memimpin para jamaah sesaat sebelum shalat Jumat. Mereka memindahkan sebuah gerbang yang dipasang Israel kemudian mengadakan shalat Jumat di tempat tersebut untuk pertama kalinya sejak 16 tahun.

Kaum muslimin memasuki area tersebut dengan bertakbir dan meneriakkan yel-yel pembelaan terhadap Al-Aqsa serta memasang bendera Palestina untuk menunjukkan kemenangan pada pembukaan kembali area al-Rahmah, tempat suci dan situs tersuci ketiga dalam Islam.

Departemen Wakaf Islam, yang bertanggung jawab atas Masjid Al-Aqsa suci, mengatakan lebih dari 60 ribu jamaah dari Yerusalem dan warga kota-kota Palestina melakukan shalat Jumat di dalam Masjid suci hari ini meskipun ada pembatasan Israel.

Syekh Ekrema Sabri, yang memimpin khotbah dan sholat Jumat, membenarkan bahwa bab al-Rahmah adalah bagian tak terpisahkan dari Masjid Al-Aqsa yang suci dan meminta pasukan penjajah Israel untuk tidak ikut campur dalam urusan Masjid.

Pekan lalu, warga Palestina melepas gerbang logam yang ditempatkan polisi Israel di pintu masuk Bab al-Rahmah dan mengadakan sholat di area itu, tetapi belum bisa masuk ke dalamnya.

Palestina khawatir bahwa penjajah Israel berencana untuk mengubah daerah itu menjadi kuil Yahudi di jantung kompleks Masjid Al-Aqsa, setelah imigran extrimis Yahudi terlihat dalam beberapa minggu terakhir mengadakan ritual keagamaan di daerah itu di bawah perlindungan pasukan penjajah Israel.(QudsN)

Share:

Comments

comments