Yahudisasi, Penjajah Israel Ubah Nama Jalan di Kota Al-Quds

Spirit of Aqsa – Yerussalem – Penjajah zionis Israel di kota Al-Quds menyetujui perubahan sejumlah nama baru di kota Silwan Al-Quds, dengan nama para pendeta yahudi.

Menurut harian Ha’retz Israel edisi Selasa (18/6), keputusan tersebut menyalahi pendapat komite teknis, yang menganggap tak layak menggunakan nama yahudi di wilayah yang dihuni mayoritas warga Arab.

Komite “Nama-nama jalan” pimpinan Moseh Lion mendapatkan persetujuan dari walikota Al-Quds untuk mengubah nama lima gang dan jalan kecil di kawasan Batnul Hawa kota Silwan, padahal kawasan tersebut dihuni ratusan warga Palestina, dan hanya 12 keluarga yahudi yang tinggal di sana.

Sementara itu anggota aliansi dewan kota, Lora Verton dari partai kiri Meritz bersama Yosi Havilav menolak pengubahan nama tersebut.

Menurut Havilaf, penamaan jalan tersebut dengan nama pendeta yahudi, seperti menusukan jari di mata warga Arab.

Kawasan tersebut dihuni mayoritas warga Arab, sehingga tak ada alasan untuk mengubahnya dengan nama pendeta yahudi, yang bisa memicu gelombang protes dan mengganggu ketenangan.

Lora Verton mengatakan, persetujuan atas nama-nama Israel untuk nama jalan di kawasan Silwan bertentangan dengan rekomendasi komite pengawas, dan dibuat tanpa persetujuan mayoritas yang berjumlah puluhan ribu warga, sehingga melanggar kesepakatan yang telah dicapai di masa lalu bersama warga setempat.

Ditambahkannya bahwa mengabaikan pendapat warga dan adanya motif provokasi sangat jelas dalam keputusan tersebut.

Menurut anggota pemkot dari sayap kanan, Arieh Knigt, “Keputusan tersebut merupakan langkah rasial lain untuk menerapkan kendali yahudisasi, dan saya lebih mendukung penamaan jalan menggunakan nama Arab di Al-Quds Timur, kecuali di sebagian tempat yang memiliki sejarah yahudi,” ungkapnya.

Kota Al-Quds sejak diduduki penjajah Israel tahun 1976, menjadi sasaran kebijakan yahudisasi terus-menerus, termasuk pengubahan nama lokasi dan wilayah Islam dengan nama-nama yahudi.

Share:

Comments

comments