Israel Lakukan ‘Penjajahan’ Intelektual?

Spirit of Aqsa, California – Lebih dari 200 akademisi California mengirim surat kepada Menteri Kehakiman dan Pendidikan Tinggi penjajah Israel. Mereka mengutuk penyerbuan Israel ke rumah Profesor Widan Barghouthi dan penahanannya yang terjadi dua pekan lalu.

Dosen Jurnalisme, Profesor Barghouthi, ditempatkan di bawah penahanan administratif tanpa tuduhan. Dua mahasiswa jurnalisme juga ditahan bersamanya.

Surat itu menyerukan pembebasan segera Profesor Widad Barghouti dan “mengakhiri praktik pelecehan dan penahanan administratif yang tidak adil yang ditujukan untuk mengingkari hak warga Palestina atas pendidikan.”

“Pendidik dan intelektual harus bebas untuk mengekspresikan pandangan mereka dan mengejar profesi mereka tanpa halangan atau pelecehan. Kami menyerukan diakhirinya penindasan berkelanjutan terhadap masyarakat Palestina ini.”

Barghouthi dan kedua putranya ditahan karena memuji para martir Palestina dalam puisi yang diterbitkan di media sosial, menurut organisasi hak asasi manusia Addamir.

Widan Al Barghouthi adalah profesor Jornalisme di Universitas Birzeit dan penulis novel serta penyair.

Share:

Comments

comments