Ismail Haniyah dan Mladenov Bahas Kesepakatan Pembebasan Blokade Gaza

Spirit of Aqsa – Gaza | Kepala Biro Politik Gerakan Perlawanan Islam Hamas, Ismail Haniyah, telah melakukan komunikasi melalui telepon dengan Utusan Khusus PBB untuk Timur Tengah, Nikolai Mladenov, sebagai bagian dari upaya untuk pembebasan blokade Gaza dan meringankan penderitaan rakyat Palestina di Jalur Gaza, serta soal cara-cara untuk memaksa penjajah Israel mematuhi apa yang telah disepakati sebelumnya.

Orang nomor satu Hamas ini mengungkapkan tentang kondisi marah yang yang terjadi di tengah-tengah rakyat Palestina dan faksi-faksi Palestina atas kebuntuan dan penunda-nundaan yang dilakukan penjajah Israel dalam melaksanakan komitmen yang dibuat sebelumnya.

Sementara itu, Mladenov menegaskan upaya yang dilakukannya untuk melaksanakan berbagai proyek, yang akan meringankan penderitaan rakyat Palestina di Jalur Gaza. Dia berjanji untuk melakukan lebih banyak upaya lagi.

Haniyah berterima kasih atas upaya yang dilakukan Mladinov dan mendesaknya untuk melakukan lebih banyak upaya dengan berkoordinasi dengan para pemangku kepentingan regional dan internasional, khususnya Mesir.

Sebelumnya Mladenov telah memperingatkan tentang “kemungkinan terjadinya bencana kemanusiaan di Jalur Gaza. Dia menyatakan, “Situasi di Jalur Gaza masih merupakan bencana besar. Mengalami resesi ekonomi besar, dengan adanya pendudukan penjajah Israel dan dukungan yang berkurang.”

Dia menegaskan bahwa “situasi di wilayah Palestina saat ini tidak bisa dibiarkan terus, karena dapat menyebabkan konflik tanpa akhir dengan meningkatnya ekstremisme dari semua pihak, jika dibiarkan apa adanya tanpa visi dan kemauan politik semua pihak.”

Share:

Comments

comments