Dana Kesehatan Tipis, 1700 Pasien Palestina Terancam Amputasi

Spirit of Aqsa, Palestina Akibat kurangnya dana untuk sektor kesehatan di Jalur Gaza bisa dipastikan bahwa dalam dua tahun ke depan akan ada operasi amputasi terhadap 1.700 orang yang telah ditembak oleh pasukan penjajah Israel. Demikian kata koordinator kemanusiaan PBB untuk wilayah Palestina, Jimmy McGoldrick.

McGoldrick mengatakan 29.000 orang Palestina telah terluka selama aksi protes tahun lalu, termasuk 7000 di antara terkena tembak senjata api, sebagian besar dari mereka ditembak di kaki bagian bawah. Demikian seperti dikutip kantor berita Reuters.

 Dia mengatakan ada 1.700 orang yang membutuhkan operasi yang mendesak dan rumit agar mereka bisa berjalan kembali.

“Mereka adalah orang-orang yang tertembak selama demonstrasi dan membutuhkan rehabilitasi, serta membutuhkan operasi yang sangat serius dan rumit untuk membangun kembali tulang selama dua tahun sebelum mereka mulai merehabilitasi diri mereka sendiri,” kata McGoldrick.

Tanpa prosedur seperti itu, katanya, orang-orang ini menghadapi risiko proses amputasi. Dia mengatakan, sudah ada 120 kasus amputasi organ yang terjadi tahun lalu, termasuk 20 anak-anak. (mzr)

Share:

Comments

comments