Rayakan Ritual Talmud, Ratusan Zionis Serbu Al-Aqsha

Al-Quds |Spirit of Aqsa – Masjid Al-Aqsa yang terjajah sejak Senin pagi (9/10) diserbu sejumlah pemukim Zionis untuk melakukan ritual keagamaan Talmud tradisional, terutama di daerah pintu Rahmat yang dijaga ketat oleh tentara Israel.

Saksi mata di lapangan mengatakan, jumlah penyusup Zionis saat ini yang sudah masuk Al-Aqsha dari berbagai pintu sebanyak 158 orang yang dilakukan dalam 3 kelompok dengan dipimpin seorang ekstrimis Yahudi.

Surat kabar Haaretz Ibrani mengatakan, ratusan orang Yahudi menggelar upacara penyiraman air tradisional di festival tahta Ibrani yang berlangsung untuk pertama kalinya, di dekat Kuil Mount.  Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya, di mana mereka mengadakan upacara Alkitab di wilayah Yahudi  bersamaan dengan  upacara “Davidson” di taman dekat dengan Tembok Barat yang dihadiri  puluhan aktivis Kuil Solomon.

Upacara ini dilakukan sebagai perwujudan dari doktrin Yahudi, di setiap hari raya Tahta mengeluarkan air dari mata air Ain Silwan dan dipercikanya ke tempat penyembelihan di atas altar di kuil sebagaimana keyakinan mereka.

Dalam acara kemarin, sekelompok aktivis Kuil turun ke Ain Silwan dan mengambil air dibawah pengawalan kelompok masyarakat yang telah dibentuk sebelumnya oleh lembaga Haikal.

Kemudian aksi berakhir di lapangan sinagog Kehidupan Yahudi, namun Para pemukim diberikan izin untuk melakukan upacaranya di Taman Arkeologi sebagai presentastif dari altar penyembahan, sebelah selatan tembok Al-Buraq.

Para pemukim itu menjanjikan, mereka akan kembali lagi menodai pelataran Al-Aqsha dan menyerbu setiap jam 7 pagi, memanfaatkan sedikitnya pengunjung kaum muslimin bersama pengawal kepolisin mereka.

Serbuan ini dilakukan atas seruan dari kelompok organisasi Haikal yang mengklaim telah mendapat dukungan luas dari kalangan yahudi, selama perayaan hari Tahta Payung Ibrani yang sudah dimulai sejak Kamis kemarin. (PIC|SOA)

Share:

Comments

comments