Hari Kelima Ramadhan, Kekejaman Penjajah Israel di Kota Lidd, Palestina

Spirit of Aqsa, Jakarta – Palestina kembali bergolak. Tak terkecuali di Ramadhan tahun ini, serangan demi serangan terus dilancarkan tanpa henti. Perjanjian hitam di atas putih hanyalah menjadi sekadar kesepakatan tanpa kepastian yang jelas, karena ujungnya penyerangan terus terjadi.

Pun yang terjadi di masa lalu sekitar 73 tahun lalu, 5 Ramadhan 1367 H bertepatan dengan 11 Juli 1948. Satuan komando Zionis di bawah Moshe Dayan melakukan aksi pembantaian di kota Lidd.

Mereka menyerbu kota pada sore hari di bawah berondongan peluru artileri. Penduduk berlindung dari serbuan itu di masjid Dahmasy. Dalam serangan ini jatuh korban tewas sebanyak 426 orang. Tidak cukup sampai di situ, setelah melakukan aksi pembantaian yang kejam, warga sipil yang tersisa di giring dan dikumpulkan di lapangan kota.

Di sana anak-anak muda ditangkap, sedangkan keluarganya diberi waktu hanya setengah jam untuk meninggalkan kota dengan berjalan kaki tanpa makanan dan minuman. Kondisi ini menyebabkan banyak kaum wanita,anak-anak dan orang tua yang tewas dalam perjalanan meninggalkan kota.

Sampai detik ini pun, kekejaman yang dipertontonkan oleh Zionis kepada rakyat Palestina terus berlanjut. Semoga Allah segera memberi kemenangan kepada saudara-saudara kita di sana.

*Diambil dari buku Peristiwa-Peristiwa Penting di Bulan Ramadan oleh DR Abdurrahman Al-Baghdady.

Share:

Comments

comments