Hukum Berkurban Di Palestina

Pertanyaan : 
“Assalamu Alaikum wr.wb., 
ustadz, saya berniat ingin berkurban di Palestina. Namun saya ragu, apakah kurban seperti itu sah atau tidak, mengingat adanya sunnah menyembelih sendiri hewan kurban kita atau menyaksikan penyembelihannya dan memakan sebagian dari dagingnya. Mohon penjelasannya ustad?”

Jawaban 
Oleh Ustadz Umar Makka, Lc* :

Wa alaikum salam wr.wb.
Para ulama sepakat bahwa semua sunnah yang penanya sebutkan diatas bukanlah menjadi syarat sah dalam pelaksanaan ibadah kurban. 
Yang menjadi perselisihan adalah, apakah meninggalkan sunnah-sunnah ini dalam keadaan tertentu diperbolehkan atau tidak?
Ketika sembelihan kita diwakilkan kepada pelaksana kurban di Palestina, maka kita tidak bisa memenuhi beberapa sunnah kurban.
Selanjutnya, yang menjadi alasan pihak yang melarang adalah hilangnya maksud dari menghidupkan syiar-syiar Allah swt pada hari kurban.

Kami sendiri memilih pendapat ulama yang membolehkan dengan alasan :

1. Ketika wajib & sunnah bertemu maka didahulukan yang wajib, dan ketika dua mafsadat bertemu maka didahulukan menghindari mafsadat yang paling besar. 
Dalam waktu ini, melihat realita banyaknya jumlah kurban kaum muslimin di negara kita, maka tentu sangat dianjurkan sebagian kita untuk memperhatikan kaum muslimin di negara-negara yang ekonominya hancur karena perang, hingga di Hari Raya Kurban pun mereka sangat jauh dari cukup untuk bisa berbahagia dengan Syariat kurban ini, bila hanya mengandalkan orang-orang mereka disana yang berkurban.

2. Mengenai syiar Hari Raya Idul Kurban, maka sebenarnya hal ini justru menjadi alasan kuat bagi sebagian kita menyalurkan kurbannya ke Palestina atau Syam. Bila kita mengandalkan orang-orang disana saja yang berkurban, sedangkan ekonomi mereka ditekan oleh musuh yang mengepung dan memblokade, maka tentu ini akan membantu musuh Islam memadamkan Syiar-Syiar Allah di negara-negara Muslim.

Oleh karenanya, sebagai Negara dengan penduduk Muslim terbesar, maka tentu kepedulian kita harus ambil bagian yang layak dalam membantu muslim Palestina bertahan melawan makar musuh Allah yang ingin melenyapkan syiar-Nya di Bumi yang diberkahi ini.
Wallahu A’lam.

_* Sekjen Spirit of Aqsa (SoA)_
======
AYO BERGABUNG…
*QURBAN BELA AQSA* 👇🏼
http://www.spiritofaqsa.org/qurban-bela-aqsa.html

Atau langsung kontak Admin Spirit Of Aqsa di Link WA : j.mp/SOAOfficial

Share:

Comments

comments