Qatar Alokasikan Bantuan 480 Juta Dolar ke Palestina

Spirit of Aqsa, Palestina – Qatar mengumumkan pada hari Selasa (7/5) bahwa mereka telah mengalokasikan US $ 480 juta untuk penggalangan dana untuk mendukung pendidikan dan perawatan kesehatan dan untuk menyediakan bantuan kemanusiaan yang sangat diperlukan di Palestina.

Otoritas Palestina (PA) yang dipimpin oleh Mahmoud Abbas terpukul paling parah karena dua sumber pendapatan utamanya diblokir penjajah Israel.

Washington mengakhiri semua bantuan bilateral dalam menanggapi tindakan Palestina memutuskan semua hubungan setelah Amerika Serikat mengakui Baitul Maqdis sebagai ibu kota Israel pada tahun 2017.

Konflik dengan penjajah Israel telah menyebabkan saluran pajak bea cukai dihentikan.

“Negara Qatar memberikan hibah dan pinjaman US $ 300 juta untuk mendukung pengeluaran kesehatan dan pendidikan Otoritas Palestina,” lapor kantor berita Qatar.

Dikatakan Doha juga mengalokasikan US $ 180 juta dalam bentuk “bantuan segera dan bantuan kemanusiaan untuk mendukung program PBB di Palestina.”

Bantuan juga akan disalurkan ke sektor energi untuk memastikan bahwa pasokan listrik tidak terganggu, menurut pernyataan itu.

Qatar, yang kaya akan gas, adalah donor utama bagi Palestina. Negara itu menyumbang kepada otoritas Palestina yang berbasis di Tepi Barat dan kelompok Hamas yang memerintah Gaza, kutip AFP.

Bulan Maret lalu, Pemerintah Qatar juga menyalurkan bantuan keuangan untuk 55 ribu keluarga miskin di Jalur Gaza.

Setiap keluarga dilaporkan mendapat 100 dolar AS atau sekitar Rp 14,2 juta. Ini merupakan keempatkalinya Qatar memberikan bantuan keuangan untuk warga Palestina di wilayah yang diblokade Zionis.

Share:

Comments

comments