Trump Mengungkapkan Rencana “Kesepakatan Abad Ini” Pada Peringatan 71 Nakba

Spirit of Aqsa –  Presiden Amerika Serikat Donald Trump kemungkinan besar akan mengungkapkan rencana perdamaian Timur Tengahnya, yang dikenal sebagai “Kesepakatan Abad Ini,” pada peringatan 71 tahun Nakba.

Menurut outlet berita Al-Khaleej Online, pemerintah AS mengatakan kepada para pejabat Arab dan Teluk bahwa rencana perdamaian akan terungkap pada tanggal 15 Mei pada “hari Nakba,” ketika Palestina memperingati Nakba atau “malapetaka,” ketika sekitar 750.000 warga Palestina secara paksa diusir dari rumah mereka oleh penjajah Israel.

Pada hari Nakba, Israel juga merayakan Hari Kemerdekaannya.
Outlet berita juga mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa pemerintah AS memberi tahu pejabat senior Saudi, Emirati, Mesir, dan Yordania tentang tanggal pengumuman.

Sumber menyebutkan bahwa pemerintah AS telah menyelesaikan rencana dan mengamankan dana yang diperlukan untuk mengimplementasikan kebijakan ekonominya.
Jared Kushner, seorang penasihat senior Gedung Putih dan menantu Presiden Amerika Serikat Donald Trump, sebelumnya mengatakan pemerintah AS akan mempresentasikan rencana tersebut setelah pemilihan legislatif Israel pada 9 April.

Kushner menyatakan bahwa Israel dan Palestina harus membuat kompromi.
Menyusul dugaan pengungkapan “Kesepakatan Abad Ini,” protes massa di Tepi Barat yang diduduki diperkirakan akan terjadi.

Patut dicatat bahwa Otoritas Palestina (PA) telah memboikot pemerintahan AS sejak Desember 2017 ketika Presiden AS Donald Trump mengakui Yerusalem sebagai ibu kota Israel dan kemudian memindahkan kedutaan AS dari Tel Aviv ke Yerusalem pada Mei 2018.
Menyusul ketegangan baru-baru ini dan dukungan tak terelakkan administrasi Trump AS untuk Israel telah mendorong Palestina untuk memutuskan komunikasi dengan AS dan menyatakan tidak layak untuk menjadi mediator selama proses perdamaian Israel-Palestina.

Share:

Comments

comments