Bertetapan Hari Bumi, Palestina Akan Adakan Aksi Damai Sejuta Umat

Spirit of Aqsa – Gaza | Juru bicara Hamas Hazim Qasim menegaskan, bangsa Palestina siap menggelar aksi damai sejuta umat pada peringatan hari bumi, untuk menegaskan kelanjutan perjuangan aksi kepulangan akbar sampai tujuan mereka tercapai.

Dalam keterangan pers saat aksi damai Jumat Babur Rahmah, Qasim mengatakan bahwa rakyat Palestina siap melakukan aksi dengan sejumlah inovasi dan sarana damai untuk memperkokoh perjuangan meraih tujuan, bersamaan dengan makin dekatnya peringatan tahun pertama aksi kepulangan akbar atau “Great Return March”.

Keteguhan rakyat untuk melanjutkan aksi kepulangan akbar, menegaskan bahwa kehendak rakyat amat kuat untuk mencabut blockade Gaza, dan meraih hidup mulia dan terhormat, tanpa hambatan maupun blockade.

Aksi kepulangan akbar jumat kemarin mengambil tema Babur Rahmah, sebagai ungkapan solidaritas bagi para pejuang Palestina di Masjidil Aqsha, membela kehormatan Baitul Maqdis dan identitas Palestina.

Pawai kepulangan digelar sejak 30 Maret 2018 lalu, bersamaan dengan peringatan Hari Bumi, di sepanjang perbatasan timur Jalur Gaza, yang diikuti ribuan warga, aksi berlanjut setiap hari dengan jumlah besar di setiap hari Jumat.

Pasukan penjajah Israel merespon aksi damai secara represif, menembaki para peserta aksi dengan peluru tajam dan gas air mata, yang menyebabkan korban meninggal dan korban luka. Sampai saat ini jumlah korban meninggal mencapai 260 orang lebih, sementara korban luka mencapai 27 ribu orang, termasuk 500 luka parah.

Share:

Comments

comments